BERITA
  • 23 Juli 2021
  • 0 Komentar
  • 350 Kali Dilihat
Sambut HUT Republik Indonesia dengan Lomba Video Karya Kreatif Kebinekaan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lomba “Rayakan Merdekamu” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia. Sebagai bangsa yang kuat, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak para pelajar, mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta wartawan di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

Melalui Lomba “Rayakan Merdekamu”, peserta juga diajak untuk menyebarluaskan potret keberagaman bangsa serta menggugah semangat toleransi. “Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka. Saya mengajak adik-adik pelajar, teman-teman mahasiswa, Ibu/Bapak pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta rekan-rekan media di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’,” ajak Mendikburistek dalam video.

Peserta didik, pelaku seni dan budaya, serta masyarakat umum dapat mengikuti momen perayaan ini dengan mengikuti salah satu jenis ajang ini yaitu Lomba Video Karya Kreatif Kebinekaan. Dalam jenis lomba ini, peserta diminta membuat video kreatif bertema “Kebinekaan” dengan mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional. Peserta yang dapat mengikuti jenis lomba ini terdiri dari enam kategori, yaitu: Kategori 1, terdiri dari siswa TK/ PAUD/TKLB dan sederajat; Kategori 2, terdiri dari siswa SD/ SDLB/Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) jenjang SD; Kategori 3, terdiri siswa SMP/ SMPLB/SILN jenjang SMP dan sederajat; Kategori 4, terdiri dari siswa SMA/ SMK/ SMALB/ SMKLB/SILN jenjang SMA dan sederajat; Kategori 5, terdiri dari mahasiswa/I; Kategori 6, terdiri dari pelaku seni dan budaya/masyarakat umum.

Pendaftaran lomba dan pengumpulan karya dibuka sejak 18 Juli hingga 9 Agustus 2021. Peserta dapat mengisi formulir pendaftaran, melengkapi kelengkapan administrasi, dan menyertakan tautan karya lomba yang sudah diunggah pada akun media sosial masing-masing. Alur pendaftaran serta pedoman perlombaan dapat dilihat pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id.

Hadiah menarik menanti para pemenang lomba, antara lain kesempatan berinteraksi dengan Mendikbudristek, laptop, ponsel pintar, tablet, hadiah pengembangan diri, dan hadiah lainnya. Keikutsertaan berbagai lapisan masyarakat luas diharapkan sebagai wujud partisipasi membangun bangsa dengan belajar, berkarya, dan berbangsa. “Mari membangun Indonesia tangguh dan tumbuh dengan merayakan kemerdekaan kita dalam belajar, berkarya, dan berbangsa. Saya tunggu partisipasi kalian dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu”. (Dina Ayu/Prani Pramudita)

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/