BERITA
  • 20 April 2021
  • 0 Komentar
  • 109 Kali Dilihat
Langkah Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Saat Dilaog diradio Nada Umat

Pringsewu, bertempat distudio utama Radio Nada Umat lantai 3 Gedung Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu dipandu oleh host Maulana Usman hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu, HIPNI, S.E., M.M.  beserta staf lainya.

Jadwal yang diagendakan pada hari ini Senin, 19 April 2021 memang sudah sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya dan alhamdulillah beliau Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Bapak Hipni, S.E.,M.M. didampingi Kepala Bidang PAUD DIKMAS Sunaji, Kepala Bidang Kebudayaan Eko Subagiyo dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Aniza Dwi Gardika. Dalam dialog interaktifnya banyak sekali yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu terkait pendidikan yang ada di Kabupaten Pringsewu, Mulai dari program sampai mekanisme pendidikan yang tengah berlangsung diera Pandemi Covid 19.

HIPNI, S.E., M.M. menyampaikan bahwa Kabupaten Pringsewu mengikuti aturan yang ditetapkan terkait untuk pembelajaran disekolah bahwa Permendikbud NOMOR 719/P/2O2O Tentang Panduan Pembelajaran Pada masa Pandemi Yang mana belum bisa dilaksanakan secara tatap muka.
“Lebih dari satu tahun Sekolah yang ada di Kabupaten Pringsewu belum bisa melaksanakan Pembelajaran tatap muka, semua sekolah masih menerapkan pembelajaran baik secara daring maupun luring yang tentunya tidak berkerumun dan tatap muka langsung, ada dari sekolah yang menyiapkan soal untuk ujian atau ulangan lalu pada hari itu juga mereka masing-masing siswa mengambil secara pribadi ” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu.

Disamping itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu menghimbau kepada seluruh wali murid dan masyarakat agar tidak resah untuk masalah pendidikan ataupun pembelajaran yang di berikan kepada anak nya, karena dewan guru selalu berusaha untuk memberikan ilmu bagaimanapun caranya dengan metode yang sudah ada, karena beliau menjamin bahwa semua dewan guru ataupun sekolah yang ada di Pringsewu selalu berkoordinasi baik dengan Dinas Pendidikan yang selalu mengedepankan pendidikan pada warga masyarakat kabupaten Pringsewu.

Beliau pula menyampaikan beberapa program dari pemerintah daerah Pringsewu melalui Dinas Pendidikan yang mana pada tahun ini sebagian sudah berjalan dari yang sebelumnya dan tentunya pada tahun akademik 2021 ini Dinas Pendidikan masih menyusun program lainya dan menguatkan kembali program yang akan dilaksanakan.

”Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu agar semua program yang akan kami jalankan ini berjalan dengan lancar dan tentunya membawa kebaikan kepada masyarakat” ujar Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu.

Dikabupaten Pringsewu menurut penuturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu bahwa Sekolah dikabupaten Pringsewu sangat banyak salah satunya yakni sekolah jenjang Usia Dini atau PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini) dikabupaten Pringsewu berjumlah 259 Lembaga pendidikan dan jumlah ini cukup besar bagi Kabupaten Pringsewu yang perlu di apresiasi.

Disamping itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu juga ikut andil dalam program pemerintah yakni pencegahan Stunting yang tengah dilaksanakan semua aparatur pemerintah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu dalam upaya penanganan Stunting ini bergerak sesuai dengan ranahnya yakni pada sektor pendidikan dan kebudayaan, ”tentunya nanti akan bergerak disekolah seperti memberikan vitamin pada anak didik, penyuluhan dan pengertian stunting dan hal lainnya, karena stunting ini kita sadari memang melanda pada anak usia usia dini kami siap untuk selalu berkoordinasi ” imbuh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pringsewu.

Perlu diketahui pula bahwa pendidikan dikabupaten Pringsewu pada tahun yang lalu masuk dalam predikat terbaik di Provinsi hingga tingkat Nasional bahkan pada tahun 2020 Kabupaten Pringsewu mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Penataan Sekolah Yang diwakili dari Kecamatan Adiluwih, Hal ini patut disyukuri dan dijadikan sebagai pembelajaran kita untuk selalu menggembangkan prestasi ini.

Dan beliau pada akhir segmen berpesan kepada para komite sekolah, pengawas sekolah dan penyelenggara sekolah terkait baik jenjang PAUD, SD, SMP dan sekolah jenjang atas lainya untuk selalu berusaha menanamkan penataan pendidikan menjadi lebih baik lagi seperti sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata lainya.

Pewarta : Malik F.

Editor : Ath

https://www.nupringsewu.or.id/